Jika Dijual, Kane Menjanjikan Keuntungan Lebih Besar ketimbang Messi | News Barca

Jika Dijual, Kane Menjanjikan Keuntungan Lebih Besar ketimbang Messi

Lionel Messi boleh saja punya klausul jual tertinggi. Tapi menurut sebuah studi, Messi malah tak menjanjikan keuntungan lebih besar dari Harry Kane jika dijual.

CIES Football Observatory --sebuah lembaga riset independen asal Swiss-- membuat daftar 50 pemain dari lima liga top Eropa yang punya potensi mendatangkan keuntungan terbesar jika dijual. Mereka menyusun berdasarkan selisih antara perkiraan nilai transfernya saat ini dan harga yang dibayarkan klub saat merekrut si pemain.

Estimasi harga dihitung menggunakan algoritma khusus yang disusun oleh tim riset CIES Football Observatory. Dari daftar tersebut, Kane berada di posisi pertama dengan nilai keuntungan 198 juta euro.

Itu berarti nilai transfer Kane juga ditaksir sebesar 198 juta euro jika Spurs memutuskan untuk menjual Kane saat ini. Sebab Spurs tak mengeluarkan dana saat merekrut Kane karena si pemain merupakan jebolan akademi mereka.

Nilai Kane tersebut, menurut CIES Football Observatory, lebih tinggi daripada Messi. Mengesampingkan klausul rilis yang mencapai 700 juta euro, Messi ditaksir punya nilai transfer sebesar 197 juta euro.

Sama seperti Kane, Messi juga merupakan lulusan akademi klub yang dibelanya saat ini. Oleh karena itu, jika memutuskan untuk menjual Messi, Barca juga akan dapat keuntungan 197 juta euro.

Nilai transfer Messi ditaksir lebih rendah daripada Kane karena faktor usia. Messi akan berusia 31 tahun pada Juni mendatang, sementara Kane baru berumur 24 tahun.

Posisi ketiga dari daftar pemain yang memberi keuntungan paling besar jika dijual ditempati oleh Dele Alli. Alli akan mendatangkan keuntungan 164 juta euro untuk Spurs. Nilai transfer pemain berusia 21 tahun itu ditaksir sebesar 171 juta euro.

Berikutnya ada Antoine Griezmann yang diperkirakan akan mendatangkan keuntungan sebesar 128 juta euro untuk Atletico Madrid. Direkrut seharga 30 juta euro, Griezmann ditaksir punya nilai transfer 158 juta euro.

Riset tersebut juga menaksir keuntungan besar yang mungkin didapat Liverpool apabila menjual Mohamed Salah. The Reds ditaksir akan dapat untung 113 juta euro dari harga 50 juta euro saat membeli Salah dari AS Roma.

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==